Senin, 13 Maret 2023

Teknik Promosi Buku

Oleh Noormasri Karyawan, S.Pt.,M.Pd.



 

Tema : Teknik Promosi Buku

Narasumber : Akbar Zainuddin. MM., MNE.

Moderator :Sim Chung Wei, SP.

Hari/Tanggal  : Senin, 13 Maret 2023

 

 

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pada pertemuan ke 28 ini, pasti  pertemuan yang sangat menarik, karena akan dibahas tentang bagaimana menjual buku hasil tulisan kita kepada khalayak atau konsumen. ingin buku karya kita laris manis? Ternyata ada triknya membuat buku kita dikenal khalayak, diminati dan tentu saja dimiliki banyak orang. Hemmm... Tapi apakah sama teknik pemasaran buku dengan lainnya? Pasti ada bedanya. Ada triknya, ada teknik pemasarannya. Yang ingin pemasaran bukunya meledak, boooommm💥💥💥WAJIB IKUT KELAS MALAM INI!!!!

Pembukaan diawali oleh Om Jay Founder KBMN 28 dan Peserta Calon Guru Penggerak Angkatan 7

Selain mengelola blog pribadi, Omjay juga mengelola blog keroyokan untuk memasarkan buku di http://www.gurupenggerakindonesia.com/

Selanjutnya moderator memulai kegiatan. Berikut adalah resumenya :

Strategi Promosi Buku

Dalam promosi buku setidaknya ada empat strategi yang harusnya diketahui oleh penulis dalam memasarkan bukunya. 

1. Strategi produk

Mengenai strategi produk penerbitlah yang lebih banyak memiliki tanggung jawab. Nah, sebagai penulis hanya memberi masukan ke mana produk (buku kita) akan dijual. Apa manfaat produk kita untuk orang lain, dan kepada siapa harusnya dijual . 

2. Srategi harga

Terkait harga buku pun masih tanggung jawab penerbit. Adapun dasar penentuan harga buku ada dua yakni, harga buku secara umum dan harga premium. Dikatakan premium jika buku tersebut lebih terlihat mewah dari segi cover, ditambah bonus-bonus (voucher seminar, workshop, dan lain-lain).

3. Strategi distribusi

Strategi ini pun dibagi kedalam dua bentuk. Ada strategi tradisional dan nontradisional. Dikatakan tradisional jika, dijual melalui toko-toko buku, baik toko-toko buku jaringan nasional maupun toko buku lokal dan nontradisional jika buku-buku tersebut dijual melalui: 

Melalui MLM (Multilevel Marketing)

Melalui Penjualan Langsung Melalui Marketplace/e-Commerce (Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dll).

4. Strategi promosi 

Terakhir adalah strategi promosi. Untuk mempromosikan buku merupakan tanggung jawab bersama baik penulis mau pun penerbit. Adapun yang dapat dilakukan untuk mempromosikan buku ada beberapa cara antara lain adalah.  

Lounching buku

Bedah buku 

Melakukan seminar 

Membangun komunitas

Membangun jaringan reseller

Jualan di marketplace 

Memanfaatkan media sosial (Medsos) untuk promosi buku

Itulah empat staregi promosi buku yang bisa dipraktekkan. Semua bisa dilakukan jika memiliki kemaun. Rajin menulis, membaca, sekarang saatnya menerbitkan buku. Yakinlah buku yang akan diterbitkan bermanfaat untuk orang lain.

Yakinlah apa yang kamu tulis itu lebih mahal dari nilai rupiah yang mereka keluarkan untuk memiliki bukumu

7 komentar: