Rabu, 15 Maret 2023

Blog Sebagai Media Dokumentasi Refleksi Siswa

 Oleh : Noormasri Karyawan, S.Pt, M.Pd.

Para Penggiat Literasi, Bapak dan Ibu Peserta KBMN Gel. 28 sebentar lagi kita akan memasuki kelas. 
Kelas tanpa sekat dan batas. 
Izinkan saya menutup grup untuk sementara, agar kita dapat menghimpun goresan hikmah dari narasumber yang luar biasa.
"Kita tidak belajar dari pengalaman… kita belajar dari merefleksikan pengalaman." - John Dewey

Air beriak tanda tak dalam
Air tenang seperti berlian
Izinkan saya ucapkan salam
Untuk para hadirin sekalian.

Om swastiastu, namo budhaya, salam kebajikan. 
Perkenankan saya memperkenalkan diri. Saya Gina diberikan amanah sebagai Moderator malam ini. 
Alhamdulillah tidak terasa sudah memasuki pertemuan ke 29.

Baiklah Selama 2 jam ke depan kita akan berbagi bersama dengan narasumber luar biasa. Pernahkan sahabat sekalian menggunakan blog sebagai Media Dokumentasi Refleksi Diri Siswa?  Mungkin ada yang sudah, mungkin juga belum.  Blog sebagai Media publikasi dibilang cukup efektif karena tidak memerlukan biaya yang mahal.Hari ini kita akan mengetahui bagaimana memanfaatkan Blog sebagai Media Dokumentasi Refleksi Diri Siswa. 
Bersama Mr. Bams๐Ÿ˜‡

Berikut ini narasumber malam ini mulai memaparkan materrinya:
Salam Literasi
Senang dan bahagia rasanya dipenghujung pertemuan Kelas Menulis ini, bisa hadir berbagi bersama-sama bapak ibu guru yang hebat. Yang mengajar bukan hanya mengajar, yang bergerak bukan hanya bergerak biasa. 

Terima kasih Omjay dan Tim Solid yang selalu memberikan kesempatan untuk berbagi di kelas yang luar biasa. Terima kasih Neng Gina, maaf manggilnya Neng ngak bu Gina. 
Setiap peserta disini tentunya menjadikan blog sebagai tempat untuk menyimpan tulisan-tulisan yang dibuat dan ditugaskan dalam kelas ini. Ijinkan saya berbagi pengalaman dalam memanfaatkan blog yang saya kelola.
Blog bertujuan adalah 
  1. Menunjukkan identitas digital (nasionalisme) dengan DOT ID (Indonesia)
  2. Menunjukkan sebagai guru yang beradaptasi dengan era digital
  3. Dibiayai oleh sertifikasi, sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada negara bahwa dana digunakan untuk mendukung kegiatan penujang guru.
  4. Tempat menyimpan atau menyalurkan hobi menulis apa pun
Mr. Bams memperkenalkan profil SMP taruna Bakti dari channelnya : https://youtu.be/TCa-oEJtibs

Refleksi Diri

Bagi saya sebagai guru refleksi diri yang dituliskan oleh murid sangatlah penting. Murid setiap mengakhiri pembelajaran (5-10 menit) mengisi form yang sudah dibuatkan.
Pertanyaan yang harus dijawab murid adalah :
Tuliskan dalam bentuk paragrap. Apa yang dipelajari hari ini? Silahkan dijelaskan. Materi apa yang masih menjadi kesulitan bagi kalian (harus dijelaskan kembali)? Bagaimana perasaan kamu saat belajar bersama Mr. Bams? Adakah masukan untuk  Mr. saat pembelajaran hari ini? Kalau ada jelaskan. Mohon jelaskan dengan kalimat lengkap tidak dalam bentuk jawaban sebuah pertanyaan. Contoh : Hari ini saya ulangan bab 1. Sebelum ulangan Mr. Bams menjelaskan tujuan ulangan tidak hanya mendapatkan nilai, akan tetapi melatih kejujuran dan kepercayaan diri. Hari ini perasaan saya sangat senang belajar Mr. Bams karena sebelum dan selama ulangan berjalan dengan lancar. Masukannya kalau bisa ulangannya tidak esai semua.
Data nanti akan masuk ke google spreadsheet

Data ini kemudian di urutkan berdasarkan kelas

Setelah diurutkan maka di copy kemudian di paste ke excel untuk diolah. Di excel pun setelah dicopy kemudian diurutkan kembali.Nah hasilnya seperti diatas. Ada saja murid yang lupa tidak mengisi. Setelah diurutkan maka akan ketahuan murid absen berapa yang tidak mengisi. 

Setiap mengisi saya berikan 10 poin, setiap minggunya saya akumulasikan. Setelah diurutukan saya lanjutkan untuk copy ke blog, hanya memang kalau langsung dari excel hasilnya kurang rapih. Maka saya copy dulu ke word. Setelah dari word baru ke website. Maka hasilnya seperti gambar dibawah ini

ni salah satu tulisan murid yang memberikan refleksi dirinya :
Pada hari ini, kita mempelajari materi tentang Pengertian Masyarakat Digital pada halaman 142-143 dan setelahnya kita menonton sebuah video tentang Cloud Storage di Youtube dan juga mengirim link video-nya di kolom komentar di Pena Mr. Bams. Hari ini pula saya merasa senang karena semuanya lancar tidak ada suatu kendala, hari ini tidak ada masukan dari saya dan semoga hari-hari kita semua dilancarkan oleh Tuhan Yang Maha Esa.
✧・๏พŸTerimakasih・๏พŸ✧ เธ…^•๏ปŒ•^เธ…

Kalau kita membaca tulisan murid ini ada beberapa hal yang bisa kita ketahui dari hasil tulisan ini :
1. Materi yang dipejari
2. Aktivitas yang dilakukan apa saja
3. Persaan yang dirasakan oleh murid
4. Karater yang spiritual untuk mengingat Tuhan YME

Hal yang tanpa disadari oleh murid : mereka sedang dilatih menulis, mempraktikan kemampuan penguasaan materi Bahasa Indonesia 
Bagi guru banyak manfaatnya

Ini tulisan murid kelas 9A yang saja ajar di pertemuan akhir.
Angela Aurelie Putri Michael
hari ini kita merencanakan ujian praktek kita, ide saya akan mencakup dunia internet dan mungkin aplikasi – aplikasi yang membantu banyak orang saya juga akan mencantumkan beberapa informasi dan data data di dalam pidato yang nantinya bisa di jadikan poin poin singkat didalam infografis. Untuk kesan belajar selama setahun ada lebih ada kurang nya jugaa tapi semua masalahnya bisa diselesaikan dengan baik , mr bams udah ngajarin banyak hal selama 3 tahun ini makasih buat ilmu ilmu yang sudah di sampaikan semoga semakin sukses di masa depan, maaf ya mr bams kalo ada kesalahan yang bikin kurang nyaman. semoga ujian praktek nanti bisa sukses dan lancar aamiin-!!

Annindya Sheeva Khairranny
Selama 1 tahun belajar dgn Mr. Bams itu selalu ad hal yg membuat ‘WAH’. Setiap pelajarannya kita selalu dikejutkan dengan inovasi dr Mr. Bams seperti tiba2 games, quiz, (ulangan), dll. Ya, bisa dibilang kelas ini akan menjadi salah satu kelas yg tdk mudah untuk dilupakan.
Semangat Terus Pak ✊✊✊
Terus kejutkan muridmu!!!!

falisya azalea santika
judul untuk ujian praktek sebenarnya masih belum terbayang. tetapi satu judul yang saya dapat dipertemuan kali ini adalah efektivitas waktu belajar dan bermain gadget untuk pelajar. mungkin akan diubah untuk kedepannya. pesan untuk mr.bams selama satu tahun mengajar ini. terimakasih mr.bams atas semua materi yang sudah disampaikan. banyak pelajaran yang dapat diambil. terimakasih mr.bams sudah mau merevisi kesalahan dan mendengarkan saran dari kita sebagai murid. sukses dan sehat selalu pak ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ‘๐Ÿป.

Tulisan-tulisan kelas 9 sudah sangat terbuka. Berani menyampaikan kritikan, dan saya sebagai guru tidak boleh baper. Tetapi diperbaiki sesuai kemampuan diri. Yang sangat indah adalah untaian doa dari murid kita. Ajarkan mereka untuk diberikan kesempatan menuliskan apa yang mereka rasakan dan harapkan. Sebagai guru pembelajar sepanjang hayat tentunya harus berani memperbaiki diri dari waktu ke waktu.bila di google di cari dengan kunci Refleksi Diri Mr. Bams , maka yang muncul adalah :

Sebelum mengakhiri paparannya beliau berpesan :
Ajaklah murid kita menulis, hubungkan dengan mata pelajaran yang kita ampu. Manfaatkan blog untuk media pembelajaran juga. 

Demikian berbagi pengalaman hari ini, semoga akan berkembang di sesi tanya jawab. Terima kasih sudah bisa memperhatikan, disela-sela aktivitas bersama keluarga tercinta. Salam buat orang-orang terdekat, semoga selalu banyak hal yang indah yang bisa dilakukan sesuai tugas kita dimana pun berada.

Ikan hiu makan tomat
I love you so much
Hari Kamis bawa palu
I miss you

Selanjutnya dikembalikan ke moderator
Sahabat literasi semuanya, demikianlah materi  dari narasumber kita malam ini. Sangat bermanfaat dan benar-benar menginspirasi kita.
"Jika kamu ingin mengenal dunia, membacalah. Jika kamu ingin dikenal dunia, menulislah."*(Armin Martajasa) 
Selanjutnya  kita akan melaju pada sesi tanya jawab. Seperti biasa, silahkan mengirimkan pertanyaan dengan format nama, asal dan kirim ke 08984928656.

Ayo jangan biarkan tanya menguap tanpa jawab. Segera layangkan surat cinta untuk dijawab pada narasumber hebat. 
Lets go!!!!!!

Selanjutnya adalah sesi anya jawab. Berikut beberapa pertanyaa dan jawabannya.

P1: Yuni asal kab. Bekasi  Yang mau ditanyakan tadi sudah cek blognya bagus sekali untuk evaluasi atau penilaian terintegrasi dengan blog kita ada tulisan silahkan klik disini, ada refleksi dll bagaimana caranya agar seperti itu tampilannya pak terimakasih

J1
Bu Yuni dari Bekasi yang penuh semangat.
Terima kasih sudah mengobrak-abrik web penamrbams.id semoga semakin penasaran.  Fasilitas hyperlink bisa digunakan di web kita. Blogspot dan wordpress bisa dimanfaatkan sebagai blog untuk menunjang pembelajaran kita di kelas. Hanya saja kalau kompasiana itu hanya untuk menuliskan artikel saja. 

P2 : Imro'atus Sholihah_ Jombang Jatim
Blog sebagai media yg ideal dan efektif untuk mendokumentasikan refleksi diri siswa.
Mengapa demikian dan manfaat apa secara lebih lanjut yg bisa kita dapatkan dari blog?

J2
Terima kasih Pa Imron dari Jombang yang baik hati.
Manfaat yang saya rasakan :
1. Sebagai guru kita bisa menujukkan kepada siswa, bahwa guru memanfaatkan teknologi dalam pembelajar, semoga menjadi motivasi kepada siswa
2. Murid bisa memanfaatkan media ini sebagai jejak digitalnya
3. Murid yang tidak masuk, saat melihat dan membaca refleksi diri yang ditulis temannya merasa dapat informasi banyak
4. Manfaat lebih lanjut adalah belajar konsisten dengan apa yang biasa dikelola.

P3: Lucy, Bandung
Assalamualaikum, Saya Lucy mau bertanya. Bagaimana cara pemberian poin/skornya? maksimal nilai siswa berapa?

J3
Waalaikumsalam w.w.
Terima kasih Bu Lucy di Bandung, wah ini dekat ngak yah dari SMP Taruna Bakti. 
Setiap mengisi siswa diberikan poin 10. Skor yang dicantumkan di minggu depan sudah diakumulasi dengan minggu ini. Misalnya ABCDE pertemuaan ke 1 mengisi refleksi diri, maka saya akan memberikan point 10. Kemudian di pertemuan ke 2 mengisi kembali maka poin yang akan dicantumkan di tabelnya adalah 20.

Nah, dari sini nanti kita sebagai guru bisa melihat kemampuan anak dengan berbagai sudut pandang ":
1. Siswa yang konsisten menulis
2. Siswa yang kadang menulis kadang tidak
3. Siswa yang menulis seadaanya

Poin refleksi diri bisa saya gunakan untuk remedial, bila ada nilai yang kurang-kurang dikit, poin refleksi diri bisa membantu tambahan kekurangan nilai. 
Contoh : Nilai di raport yang diharapkan adalah 80, siswa ini nilainya 79. Seharusnya remedial, tapi karena poin refleksinya tinggi makan siswa tersebut tidak usah melakukan remedial

P4 : Nama: Elizabeth Kanserita Henny Anggorowati
Asal : Jakarta Barat
Pertanyaan: Terima Kasih MrBams, materi malam ini sangat menginspirasi ๐Ÿ‘๐Ÿป
Saya ingin menanyakan, bagaimana jika refleksi diri diterapkan kepada siswa SD kelas 3, yang setiap harinya tidak membawa HP ๐Ÿ™ saya punya rencana untuk mereka tuliskan terlebih dahulu di kertas atau buku, lalu saya salin ulang ke blog, tapi lumayan banyak juga ya jika harus disalin satu persatu ๐Ÿ˜
Atau saya hanya perlu upload tulisan mereka yang sudah saya foto saja? 
Mohon pencerahannya dan ide cemerlang dari Mr ๐Ÿ™
Terima kasih, semoga sehat selalu Mr Bams ๐Ÿ™๐Ÿ˜‡

J4
Terima kasih Bu Elizabeth yang selalu mau terus belajar.
Sesungguhnya lakukanlah refleksi dengan pertimbangan sebagai berikut :
1. Tidak memberatkan siswa dan guru
2. Perhatikan kondisi siswa dan sarana pendukung
3. Lakukan oleh guru dengan riang gembira

Usul saya karena kelas 3, 
1. Siapkan kertas kecil ukuran 5 cm x 5 cm (boleh kelas warna-warni)
2. Siswa menuliskannya di kertas tersebut
3. Setelah itu ibu siapkan kertas HVS kosong, tempelkan kertas kecil tersebut di HVS tersebut. Dipisah nanti per pertemuan

atau mau disalin, ditik ulang bila waktu senggang disimpan di blog juga ok. Bisa juga tulisannya difoto simpan di google slide

Demikian rangkuman tanya jawab malam ini.

Salam KBMN 28

2 komentar: