Senin, 16 Januari 2023

Metamorfosa KTI Menjadi Buku

 Oleh Noormasri Karyawan, S.Pt.,M.Pd.

 


Tema : Menulis Buku dari Karya Ilmiah

Narasumber :Eko Daryono, S.Pd

Moderator : Nur Dwi Yanti, S.Pd.

Hari/Tanggal  : Senin, 16 Januari 2023

 

 

Bismillahirohmanirrohim

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah kita bisa kembali dalam aktivitas pelatihan daring belajar menulis Angkatan 28.

Berikut akan and abaca ringkasan/resume pelatihan Pertemuan ke 4 KBMN 28 dengan Topik : Menulis Buku dari Karya Ilmiah.

Adapun narasumber kita kali ini adalah Bapak Eko Daryono,S.Pd. dan Moderatornya ibu Nur Dwi Yanti, S.Pd. yang juga lulusan Kelas Belajar Menulis Nusantara Angkatan 24.

Percakapan awal dibuka oleh moderator dengan mengutip kalimat tokoh motivasi warga negara Amerika yaitu John Maxwell, yang menjeaskan serta menggambarkan bahwa passion itu adalah bahan bakarnya untuk berkemauan atau sebagai "the fuel for will" . dan ini mengindikasikan bahwa passion menulis akan mengubah "keharusan" menjadi "kemauan.".

Bila ada satu keinginan dari dalam diri kita yang harus dipenuhi, maka kita pasti akan melakukan suatu tindakan untuk memnuhi rasa ingin tahu kita. Jadi ketika kita sangat menginginkan sesuatu, kita akan menemukan tekad untuk melakukannya dan tidak akan berhenti sampai benar-benar mencapainya. Tapi tentu saja dengan perjuangan yang pantang surut. Soalnya kalua ditengah jalan kita berhenti, maka kita akan terjerembab dalam hiruk pikuk kehidupan sosial kita.

 Menulis Buku dari Karya Ilmiah kali ini dimotori oleh bapak Eko Daryono, S.Pd. Beliau biasa dipanggil dengan sapaan “Mr. Yons”, beliau adalah sosok guru yang bersahaja yang tergerak dan menggerakan untuk membawa dampak dampak perubahan baik untuk dirinya sendiri dan juga lingkungan sosialnya. Mr Yons adalah  sebagai penulis yang telah memiliki kompetensi yang mumpuni dalam bidang menulis, menjadi narasumber di berbagai kegiatan juga banyak lagi prestasi yang menjadikannya  sebagai sosok yang sangat berkompeten dibidangnya, sehingga pantas kalua kita acungkan jempol dan kita sambut kehadirannya untuk memberikan kita ilmu..

 

MENULIS BUKU DARI KARYA TULIS ILMIAH.

Karya tulis yang pernah kita buat sebenarnya dapat dijadikan sebuah buku sebagai referensi bagi pembaca. Bisakah Karya Tulis Ilmiah dijadikan buku? Tentu saja jawabnya Bisa.

Ketika kita akan mengkahiri kegiatan kuliah diperguruan tinggi apapun, pasti dituntut untuk membuay skripsi atau Karya ilmiah sebagai syarat menuntaskan kegiatan perkuliahan. Nah  dari pada hasil karya ilmiah itu disimpan dilemari atau diperpustakaan perguruan tinggi mengapa tidak kita ubah saja menjadi buku yang berguna bagi para pembaca. Kita lebih baik menjadikan Karya tulis kita menjadi buku supaya bisa dibaca oleh banyak orang sehingga lebih bermanfaat. Karena bila hanya disimpan tentu saja ilmu yang ada dalam karya ilmiah tersebut akan hanyut dalam gerusan waktu. Percuma kan?

Pertanyaannya. bagaimana caran mengubah karya tulis ilmiah itu menjadi sebuah buku? Mr.Yons yang akan menjelaskannya. 

Karya Tulis Ilmiah (KTI), dalam peraturan kepala LIPI Nomor 2 tahun 2014 adalah  tulisan hasil penelitian dan pengembangan dan/atau tinjauan, ulasan (review), kajian, dan pemikiran sistematis yang dituangkan oleh perseorangan atau kelompok yang memenuhi kaidah ilmiah. 

Ada banyak jenis karya tulis ilmiah, secara umum Karya Tulis Ilmiah dibagi dua yaitu  Karya Tulis Ilmiah berbentuk buku bacaan dan Karya Tulis Ilmiah non buku. Sedangkan Karya Tulis Ilmiah non buku antara lain dalam bidang akademis untuk mendapatkan gelar seperti tugas akhir, skripsi, tesis, dan disertasi. Karya Tulis Ilmiah hasil penelitian, seperti Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Tindakan Sekolah, best practice, makalah, artikel dan jurnal. Karya Tulis Ilmiah dapat juga berupa ulasan atau resensi. 

Karya Tulis Ilmiah berupa buku diantaranya Karya tulis ilmiah  Buku bahan ajar seperti diktat, modul, buku ajar dan buku referensi. Modul dan Buku pengayaan seperti monografi, buku teks, buku pegangan, buku panduan. Buku kompilasi seperti bunga rampai, prosiding. Buku siswa dan buku guru.

Dalam mengubah Karya Tulis Ilmiah menjadi buku terdapat Struktur penulisan Karya tulis ilmiah yan secara umum struktur bab sebagai berikut:

 


Inilah standar dalam menyusun bagian buku bab per bab dalam Karya tulis ilmiah meskipun untuk karya tulis ilmiah sejenis skripsi, tesis, desertasi, tugas akhir memiliki gaya yang berbeda di setiap perguruan tinggi di nusantara bahkan di mancanegara sekalipun.

Dimana perbedaannya antara laporan karya tulis ilmiah dan karya tulis ilmiah yang disulap atay di konversi menjadi buku? Mari bacalah tulisan ini hinngga titik kalimat terakhir,:

Berikut perbedaannya.


Secara subtansi isi, tidak ada perbedaan isi laporan karya tulis ilmiah dengan isi buku hasil konversinya. Karena sejatinya isi buku mencerminkan keseluruhan isi laporan karya tulis ilmiah. Secara sistematika, tentunya gaya penulisan karya tulis ilmiah dengan penulisan buku tentu berbeda.

Saya sendiri pernah mencoba mengubah penelitian rindakan kelas saya menjadi sebuah buku seperti ini.


Namun setelah saya mengikuti bincang malam ini, ada banyak kekeliruan yang saya buat terutama bagaimana cara penyesuaianpenyesuaian sistematika karya tulis ilmiah yang dikonversi menjadi buku dengan tujuan agar kesannya tidak kaku.

Setelah mengikuti diklat daring inilah saya akhirnya tahu Bagaimana cara mengkonversi KTI menjadi buku.

1. Memodifikasi judul

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengubah judul karya tulis ilmiah. Saya baru faham bahwa untuk menentukan judul baru bagi karya tulis ilmiah harusnya mengandung unsur : variabel penelitian, objek penelitian, dan seting penelitian (baik tempat maupun waktu). Judul buku hasil konversi seperti judul buku-buku yang punya daya tarik dan daya jual harus menarik, unik, mudah diingat, dan mencerminkan isi buku. Kemenarikan judul buku sifatnya subjektif.

Contoh judul KTI yang diberikan oleh Mr Yons:

 


2. Memodifikasi Sistematika dan Gaya Penulisan

Berikutnya. Karya Tulis Ilmiah Non buku yang berupa laporan hasil penelitian umumnya ditulis dengan sistematika dan penomoran yang baku seperti yang telah saya uraikan di atas. Pada saat laporan tersebut dikonversi menjadi buku, maka harus dimodifikasi gayanya sesuai dengan gaya penulisan buku. Tidak tampak lagi adanya sub bab-sub bab yang membuat isi buku seolah-olah terpisah-pisah

Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan saat mengkonversi KTI menjadi buku?

  • Pertama, keaslian laporan hasil penelitian. Tindakan Plagiat tidak dibenarkan terlebih karya seperti PTK kadang tidak dicek keasliannya. Namun saat diterbitkan jadi buku, maka penulis harus yakin betul bahwa karya yang akan diterbitkan memang oroginal punya penulis sendiri
  • Kedua , menghindari kompilasi yang terlalu banyak.
  • Ketiga memilah dan memilih data yang dipublikasikan. Data matang saja yang disajikan agar buku berbobot dan tidak bombastis
  • Keempat, modifikasi bahasa buku
  • Kelima, hindari pengambilan sumber kutipan berantai atau pendapat yang kurang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah.
  • Keenam, wajib menuliskan semua daftar Pustaka yang dipakai sebagai rujukan dalam buku untuk mendukung keabsahan buku.
  • Ketujuh, memperhatikan kaidah penyusunan buku ber-ISBN khususnya jika akan dinilaikan untuk KP sesuai Buku 4 PKB

Setelah memahami penjelasan dari Mr. Yons, saya akan mencoba Kembali mengubah hasil Penelitian Tindakan Kelas saya yang terbaru menjadi sebuah buku.

Terima kasih pencerahannya Mr. Yons. Semoga ini merupakan Langkah kedua saya untuk dapat berkreasi Kembali dalam menulis buku yang bersumber dari Karya Tulis Ilmiah.


Salam KBMN 28.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

55 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Bagus pak, kata katanya mudah dipahami dan memberi ilmu baru, keren pak🙏

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Wa'alaikumussalam, mantap pak, terima kasih atas ilmunya, semangat terus pak

    BalasHapus
  5. Mantap pak, semoga ilmunya bermanfaat buat saya dan orang banyak, Aamiin🙏🏻

    BalasHapus
  6. Terima kasih pak atas ilmunya, mantap!👍🏻

    BalasHapus
  7. Keren pak, ilmunya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  8. Terima kasih pak 🙏, ilmu nya sangat bermanfaat dan dapat dipahami 🙏

    BalasHapus
  9. Terima kasih untuk info yang dibagikan pak, sangat bermanfaat 👍🏻

    BalasHapus
  10. Keren, bahasanya mudah dimengerti Terima kasih pak.

    BalasHapus
  11. Mantap pak, ilmunya sangat bermanfaat🙏

    BalasHapus
  12. terima kasih pak, sangat bermanfaat ilmunya 👍🏼

    BalasHapus
  13. Mantap pak, ilmunya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  14. Mantap pak ilmunya sangat bermanfaat dan mudah dibaca 🙏

    BalasHapus
  15. Mantap pak, terima kasih ilmu nya bermanfaat🙏🏻

    BalasHapus
  16. keren sekali bapak ilmunya, yerimakaish pak semangat terus🙏🏻

    BalasHapus
  17. terimakasiih pakk ilmunyaaa 🙏🏻 sangatt bermanfaatt

    BalasHapus
  18. keren pak, semangat, terimakasi

    BalasHapus
  19. Artikelnya bagus Pak. Terima kasih ilmunya Pak 🙏🏻

    BalasHapus
  20. Terima kasih banyak Pak, artikelnya sungguh bermanfaat dan sangat mengedukasi kami 🙏🏼

    BalasHapus
  21. Waah informasi yang sangat bermanfaat pak, terimakasih

    BalasHapus
  22. Wahh artikel yang sangat bagus,terimakasih bapak atas informasinya (dianra XII IPS 1)

    BalasHapus
  23. Keren bgt pak 🤩👍🏻👍🏻

    BalasHapus
  24. Keren pak, terima kasih ilmunya pak

    BalasHapus
  25. Sangat mudah dipahami pak! Kerenn👍🏻

    BalasHapus
  26. Keren pakk sangat mudah di mengerti, dan sangat mudah di pahami

    BalasHapus
  27. Pemaparan yang baik dan mudah di pahami, keren pak! -RachelNR

    BalasHapus
  28. Paket lengkap Pak, lanjutkan resume kelima malam nanti

    BalasHapus
  29. Terima kasih, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  30. keren pak, jgn pernah bosan berbagi ilmunya

    BalasHapus
  31. keren pak, ilmu nya sangat bermanfaat, terimakasih pak

    BalasHapus
  32. Keren pak, terima kasih pak ilmunya, sangat bermanfaat👍🏻

    BalasHapus