Kamis, 11 September 2014

Pengaruh Program Dunia Remajaku Seru Menggunakan Model Pembelajaran Konstruktivistik dan Pengetahuan Biologi terhadap Tingkat Pemahaman Siswa tentang Seks.

Oleh : Noormasri Karyawan
Kata Kunci : program dunia remajaku seru, pengetahuan biologi, model pembelajaran partisipatif, model pembelajaran konstruktivistik, pemahaman tentang seks.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh program dunia remajaku seru yang diajarkan dengan model pembelajaran konstruktivistik pada siswa yang telah memiliki pengetahuan biologi terhadap pemahaman siswa tentang seks. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas X semester 2 SMAN 1 Kota Jambi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman siswa tentang seks adalah 30 butir soal yang telah melalui proses validasi, serta penggunaan modul kesehatan reproduksi remaja berbasis web yang selanjutnya disebut program dunia remajaku seru dengan model pembelajaran partisipatif dan konstruktivistik. Rancangan penelitian menggunakan rancangan eksperimen faktorial (2x2). Seluruh data dianalisis dengan menggunakan software Microsoft Excel 2010 dan software SPSS versi 19.0 (Statistical Package for the Social Science). Berdasarkan hasil analisis di dapat Fhitung untuk factor  atau model pembelajaran adalah 0,286 dengan probabilitas 0,595 (p > 0,05), hal ini berarti Ho diterima artinya pemahaman siswa tentang seks pada program dunia remajaku seru yang diajarkan dengan model pembelajaran konstruktivistik sama bila dibandingkan model pembelajaran partisipatif. Fhitung untuk factor b atau tingkat pengetahuan Biologi adalah 0,513 dengan probabilitas 5,673 dengan probabilitas 0,020 (p < 0,05), ini berarti Ho ditolak artinya tingkat pengetahuan biologi kedua kelas penelitian ini berbeda. Hasil perhitungan nilai turkey menginteprestasikan terdapat nilai 0 maka Ho diterima. Ini berarti terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran partisipatif dan memiliki pengetahuan Biologi tinggi dengan siswa yang diajar dengan model pembelajarn konstruktivistik yang memiliki pengetahuan biologi tinggi. Hasil perhitungan nilai turkey menginterprestasikan terdapat nilai 0 ini berarti terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran partisipatif dan memiliki pengetahuan biologi rendah dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konstrukticistik yang memiliki pengetahuan biologi rendah. Dari analisis anova dua jalur diperoleh Fhitung adalah 0,009 dengan probabilitas 0,923 (p > 0,05) artinya ada interaksi antara model pembelajaran dengan pengetahuan biologi subjek penelitian. Kesimpulan hasil penelitian, bahwa Program Dunia Remajaku Seru dapat diajarkan dengan model pembelajaran kosntruktivistik. Pengetahuan biologi ikut berinteraksi dengan model pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang seks.