Oleh Noormasri Karyawan, S.Pt.,M.Pd.
Tema : Pemasaran Buku
Narasumber : Agust Subardana, SE., MM.
Moderator : Purbaniasita KS., S.Pd.
Hari/Tanggal : Rabu, 22 Februari 2023
Bismillahirohmanirrohim
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Kemana muara semua tarian jemari kita?
muara semua hasil karya kita? Yess allright PEMASARAN. Bagaimana langkah
memasarkan buku kita? Apakah via offline ataukah sesuai perkembangan saat ini
dengan cara online. Teknis yang menarik dan jitu bagaimana yaa. Semua akan
terjawab malam ini. Hanya disini di KBMN 28 kita akan belajar trik jitu ilmu
pemasaran hasil karya kita. So... Simak yaa malam ini, dont forget....
Selamat malam bapak ibu calon penulis
hebat di seluruh Indonesia. Apakah masih bersemangat di pertemuan ke 20 ini??? Malam
ini, kembali saya Purbaniasita (Sita) akan menemani sahabat Nusantara di kelas
Menulis tanpa sekat dan batas. "Semua orang akan mati kecuali karyanya.
Maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak" Ali
bin Abu Thalib Seperti yang kita ketahui bersama buku merupakan muara akhir
dari sebuah proses penulisan. Hasil tulisan kita tentu saja ingin bermuara
menjadi sebuah buku, tetapi setelahnya bingung bagaimana cara memasarkan buku
yang sudah di cetak. Sahabat NusantaraTujuan menulis adalah untuk menghasilkan
karya buku yang akan disajikan pada para pembaca. Secara otomatis kita harus
paham sajian yang diminati oleh masyarakat. Tidak mudah membidik selera
konsumen dari berbagai kalangan. Ada strategi khusus yang harus dilakukan agar
buku yang kita tulis benar-benar dinikmati sebagai menu yang sangat dibutuhkan.
*Pemasaran Buku" sebuah judul materi yang menggelitik dan layak kita simak
dan kuasai. Mari kita simak bersama pemaparan narsum kita yang luar biasa ini
Malam ini, saya akan menemani Bapak/Ibu yang hebat dan tangguh untuk belajar bersama kepada seorang Narasumber hebat dengan segudang pengalaman dalam penerbitan buku.
*Beliau adalah seorang Direktur dan
Marketing penerbit ANDI
*Selama 18 tahun 2 bulan beliau
berkecimpung dalam dunia penerbitan 📖✍️
*Pernah Menjadi Dosen Tidak Tetap selama
4 Th di STIE Wiyata Mandala Jakarta
*Riwayat pendidikan beliau yang
merupakan lulusan S1 dan S2 Manajemen Pemasaran sebagai bukti keprofesionalan
beliau Beliau bernama Bapak Agust. Subardana S. E., M. M
atau biasa dipanggil bapak Agus 📚
Seperti biasa, kuliah malam ini dibagi
menjadi 4 sesi:
1. Pembukaan
2. Pemaparan materi
3. Tanya Jawab
4. Penutup
Bagi yang ingin bertanya, silakan menggunakan format nama, asal sekolah, dan pertanyaan. Kirim ke 082131167414 (Sita )
Selanjutnya Narsumber mengambil alih kegiatan.
Selamat Malam ...
Saya akan memulai dengan berpantun
terlebih dahulu...
Singgah sebentar di rumah Kerabat
Meminta buah Apel dan Pisang Banana
Untuk hadirin Bpk Ibu Guru yang Hebat
Salam Hormat dari Saya Agust Subardana
Sakit Gigi jangan di tahan
Karena banyak mengunyah makaroni
Puji Syukur Kepada Tuhan
Kita bertemu di Grup Belajar Menulis malam ini
Jangan Ngebut Kalau Naik Sepeda Motor
Dari Kota Jogja membawa buah Mengkudu
Terimakasih kepada Moderator
Izinkan saya menyampaikan Strategi
Pemasaran Buku
ooo000ooo
Buku merupakan salah satu sumber ilmu
pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak
– anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam
terbitan buku.
Dalam rangka mempersiapkan generasi muda
yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah
mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam
membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca
buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang
usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.
Dalam rangka untuk mempertahankan Industri Penerbitan Buku , supaya tetap terus hidup dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka kita perlu strategi pemasaran. Srategi Pemasaran biasanya hampir dipakai oleh semua wirausaha, intreprenur yang menjalankan bisnis.
Strategi pemasaran penjualan buku sangat
dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa demikian , hal ini dapat
dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di
terbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori buku. Salah satu contoh
Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32
katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku
Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ). Dari jenis – jenis
katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan
segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . Pada umumnya kegiatan
pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis . Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di
pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1. Faktor
Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor
Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan
sosial-budaya.
Saat ini kami dalam menjalankan bisnis Penerbitan Buku yang sedang kami terus jalankan masuk dalam faktor keduanya yaitu Faktor Mikro dan Makro. Hal ini dikarenakan Penerbit ANDI Offset sudah termasuk Industri Penerbitan buku, dengan usianya sudah mencapai 43 tahun dan telah menerbitkan buku lebih dari 20.000 judul buku yang telah di kelompokkan menjadi 32 katagori.
Strategi Pemasaran buku yang telah kami
petakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu Strategi Pemasaran Buku serangan
Udara dan strategi pemasaran buku serangan Darat, dengan berlandaskan pada
faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas. Dua strategi tersebut dapat
kita jelaskan secara singkat sebagai berikut :
A. Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (On Line )
a. Pemasaran
buku lewat Online
Saat terjadi pendemi Covid 19 melanda
dunia , mau gak mau kita dalam dunia bisnis harus bisa mengikuti perkembangan
era digital seperti sekarang ini, bisnis tidak akan bisa survive jika tidak mengikuti kemajuan
zaman dan juga keinginan customer
maka akan dipastikan usaha tidak sebaik dulu. Ketika kita ingat di zaman dulu iklan dengan brosur dan
baliho besar ada dimana mana,
sekarang cara mengiklan ataupun kampanye jauh lebih mudah. Kenapa bisa lebih mudah? Karena dengan
adanya internet membawa perkembangan yang signifikan bagi kehidupan kita.
Penerbit ANDI saat ini penggarapan pasar
dengan bisnis On Line mungkin sudah
tidak asing lagi dengan istilah digital marketing. Digital marketing merupakan teknik pemasaran terkini, yaitu sebuah
teknik memasarkan produk atau jasa dengan mengandalkan
media online atau internet
Jenis-jenis digital marketing yang kita terapkan di Penerbit ANDI Offset terapkan antara lain :
1.
Content marketing
adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan
pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk
menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content
marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan lainnya.
2.
Search Engine
Optimization (SEO). SEO bisa menjadi strategi menarik pengguna internet untuk
mengunjungi website Penerbit Andi Offset (andipublisher.com) dan kemudian
membeli produk yang kita tawarkan.
3.
Search Engine
Marketing (SEM) merupakan upaya untuk mengoptimasi website di mesin pencari,
Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital yang
bertujuan meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian mesin pencari
atau yang dikenal dengan istilah SERP.
4.
Social media marketing
memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk promosi dan pemasaran suatu
brand. Kita bisa menerapkan social media marketing di beberapa platform media
sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya.
5.
Kadang - kadang supaya
lebih menarik Salah satu metode promosi jualan online yang sering dilakukan
oleh pedagang adalah dengan membuat pantun jualan. Pantun sebagai sarana
promosi jualan online juga sangat ampuh untuk menarik calon konsumen, khususnya
anak muda. Apalagi, hampir semua orang saat ini sudah sangat fasih menggunakan
media sosial sehingga pemasarannya jauh lebih mudah. Contoh pantun Jualan di Media Sosial supaya
menarik perhatian :
Pantun 1 :
Di taman ada banyak kumbang
Di kali banyak buaya
Janganlah ragu ataupun bimbang
Toko online ini bisa dipercaya
Pantun 2 :
Liburan ke pulau Bali
Jangan lupa datang ke pantai Dewata
Ayo beli di toko online kami
Barangnya cuma setengah harga
Pantun 3 :
Kamu jadian sama si dia
Padahal aku sudah menyukaimu
Kita toko online terpercaya
Siap menjual barang paling bermutu
Masih banyak cara untuk menarik
perhatian calon pembeli dengan pantun2 yang dapat kita buat...
6.
Instant messaging
marketing bisa menjadi pertimbangan kami saat hendak melakukan promosi dan
pemasaran produk secara online. Ini merupakan tren komunikasi masa kini, di
mana kami bisa memanfaatkan penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat,
dan platform messenger lainnya.
7.
Influencer Marketing .
Kehadiran influencer membawa pengaruh besar pada para fans dan pengikutnya.
Orang-orang akan lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan atau
ditawarkan oleh seorang influencer.
8.
Video marketing untuk
melengkapi strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan. Video menjadi
salah satu media yang bisa kami gunakan untuk tujuan promosi dan pemasaran.
9.
Penerbit Andi Offset
mempunyai Chanel TV Youtube Nama Chanel Youtube TV. ANDI AKADEMI, Pemasaran
melalui channel Youtube juga dinilai
sangat efektif karena orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama di hp
android . Saat ini bahkan kita bisa menonton acara secara online melalui
layanan live streaming.
Untuk penjualan buku lewat Online ini
kita harus terus proaktive untuk terus promosi , supaya kita dapat :
- Menyebarkan
informasi produk secara masif kepada target pasar potensial
- Mendapatkan
konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah sehingga kesetiaan
konsumen terjaga.
- Menjaga
kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
- Menaikkan
penjualan dan profit
- Membandingkan
dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing
- Membentuk
citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
- Mengubah
tingkah laku , persepsi dan pendapat konsumen
Pemasaran Buku Lewat Komunitas
Kita tentunya punya komunitas masing –
masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka
gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku .
Penjualan lewat komunitas akan lebih
efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan
buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi
dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.
Contoh : Komunitas Arisan, Komunitas
Guru , Pelajar , Mahasiswa dll
Strategi pemasaran buku serangan Darat (OF LINE ).
Untuk menguasai seluruh wilayah
nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan
wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat
baik. Kami Penerbit Andi telah mempunya 43 cabang di kota dari Aceh s.d Papua,
dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.
Strategi pemasaran buku serangan darat
ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :
1. Toko Buku. enerbit
Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri ,
sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan
sebagai pemasok rutin di toko buku maka
kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga
jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.
Kenapa kita perlu petakan jenis toko buku tersebut , hal ini dikarenakan tiap
jenis toko buku tersebut mempunyai sistem administrasi dan tempat yang berbeda.
Contoh toko buku modern yaitu Gramedia Books Store, Gunung
Agung Books Store dan TogaMas Books Store. Toko Modern ini mempunyai sistem
transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan dengan
sistem centralisasi dan sebagainya.
Adapun toko buku semi modern biasanya masih dikendalikan dan
mengunakan sistem administasi penjualan per toko . Sedangakan Toko Tradisional
biasanya sistem transaksinya masih manual .
Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan
jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi,
kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.
Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara
yang perlu kita lakukan , antara lain :
- Menguasai display
buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
- Mengadakan promosi
di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
- Mengadakan Bedah
Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
- Mengadakan event
tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, Program TAB, Program TAM , dll )
- Dan masih banyak
lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya
kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut.
2.
Direct Selling / Kunjungan Langsung
Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan
berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku
penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu
:
- Buku Pendidikan
(Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA,
SMK).
- Buku Teks
Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah
- Buku Referensi
untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami
sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan
menempatkan tenaga penjual (Sales) .
Tugas Tenaga Penjual / sales tersebut kita beri tanggungjawab
target sesuai maping areanya masing – masing yang bertugas :
- Kunjungan langsung
ke tiap sekolah
- Kunjungan langsung
ke setiap kampus
- Kunjungan langsung
ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.
- Dengan kunjungan
langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang
baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll. Sehingga
dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat.
3.
Melakukan Event – Event
Aktive dalam melakukan event – event seperti event Pameran buku, dalam seminar,
workshop, Tryout, dan sebagainya.
Sampai disini, pmaparan narasumber selesai. Selanjutnya dsesi tanya jawab.
Berikut rangkumna pertanyaannya:
P1
Endang Ratna Juwita
Asal Bogor.
pertanyaan:
1.Apa yang harus kita lskukan
/persiapkan agar buku kita bisa di pasarkan?
2.Jenis buku seperti apa yang banyak peminatnya?
3.Apakah ketebalan buku dan isi
berpengaruh kepada minat beli pembaca?
Terima kasih Pak🙏
J1
Tugas Tenaga Penjual / sales tersebut
kita beri tanggungjawab target sesuai maping areanya masing – masing yang
bertugas :
Kunjungan langsung ke tiap sekolah
Kunjungan langsung ke setiap kampus
Kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.
- Dengan
kunjungan langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun
hubungan yang baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll.
Sehingga dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat.
P2
Saya Noormasri Karyawan dari Jambi
Pertanyaan, Jika buku yang telah
diterbitkan dan sudah memasuki pasar, ternyata harus direvis, apakah tidak
menurunkan citra penerbit.
J3
Selama perubahan tidak signifikan, hal
itu tidak mempengaruhi omzet penjualan.
P3
Bunda Mahyla dari Malang
Mohon ijin bertanya pak, untuk strategi melalui komunitas misalnya saja anggota arisan atau PKK biasanya tidak begitu tertarik. Karena seperti kita ketahui bersama bahwa di Indonesia literasi sangat kurang. Bagaimana strategi supaya anggota arisan atau PKK tsb bersemangat utk membeli buku kita. Terima kasih 🙏🏻
Demikian beberapa pertanyaan uang
diajukan peserta. Selanjutnya moderator menutup petemuan mala mini.
Terima kasih atas materi yang luar biasa ini bapak. Semoga materi malam ini bisa menambah semangat bapak ibu hebat untuk berkarya
Dengan berakhirnya pantun dari bapak
Agus, berakhir pula perjumpaan kita malam ini. Saya selaku moderator mohon maaf
yang sebesar-besarnya apabila ada perbuatan atau pernyataan saya yang kurang
berkenan. Mohon ijin kegiatan saya akhiri wassalamu'alaikum warahmatullahi
wabarokatuh 🙏🏻
Demikian resume malam ini. Semoga dapat bermanfaat bagi pengunjung blog saya.
Salam KBMN 28.
Ayo di publikasikan
BalasHapusSuoer sekali. Yok berkujung ke blog saya, pak.
BalasHapusMantaf
BalasHapusSelamat Menulis, pak.
BalasHapusHebat resume yang bagus.
BalasHapusIni bagus artikelnya
BalasHapusBuku TIK yang bapak buat memang laris manis.
BalasHapus