Senin, 17 Agustus 2020

SMANSA TECHNO CENTRE

Smansa Techno Center atau di singkat S.A.T.E  adalah kegiatan. Ekstrakuikuler Teknologi Informasi dan Komunikasi (sekarang namanya INFORMATIKA) di SMA Negeri 1 Kota Jambi. Kegiatan ekstrakurikuler ini sudah ada sejak tahun 2002

Penulis sudah mendpat informasi bahwa kegiatan ektrakurikuler TIK ini sudah mulai ada sejak Tahun 2003, jenapa penulis mendapatkan informasi tersebut, padahal penulis sendiri adalah guru SMA Negeri 1 Kota Jambi.

Begini. Penulis memulai karir menjadi guru tahun 1994 di SMA Swasta Titian Teras Kabupaten Muaro Jambi, di sekolah tersebut kegiatan ekstrakurikuler komputer namanya dalam bentuk Bimibngan Keterampilan Komputer. Kemudian Penulis diangkat menjadi guru bantu tahun 2004, dan ditugaskan di SMAS Dharma Bhakti 3 Kota Jambi, di sekolah tersebut kegiatan ektrakurikuler komputer menjadi tanggungjawab penulis untuk mengembangkannya. Tahun 2008 penulis menjadi CPNS dan ditempatkan di SMA Negeri 1 Kota Jambi. 

Nah dari guru terdahulu penulis mengetahui bahwa kegiatan ektrakurikuler komputer ini sudah ada sejak tahun 2002. 

Ada 4 Divisi S.A.T.E

1. Divisi Software Engginering (Rekayasa Perangkat lunak) 

Divisi ini menekankan pada pembinaan Tim Olimpiade Komputer SMA Negeri 1 Kota Jambi. dan fokus pelajarannya adalah pemakaian software pemrograman komputer atau algorithma seperti Turbo Pascal, C++, dll. Divisi ini yang saat ini terus ada. dan selalu mengirimkan timnya dalam Olimpiade Komputer. Adapun prestasi Tim Olimpiade Komputer SMA Negeri 1 Kota Jambi adalah sebagai berikut :

Tahun 2008 = Juara 1 Tingkat KOTA

Tahun 2009 - 2013 selalu berada di peringkat 1 atau 2 tingkat Provinsi 

Tahun 2014 lolos ke tingkat Nasional : atas nama SABIQAH AMANY IFKAR di Lombok

Tahun 2015 lolos ke tingkat Nasional : atas Nama FITRA RAHMA MAULANI di Yogyakarta

Tahun 2016 lolos ke tingkat Nasional : atas Nama ADDIN HADINATA di Palembang

Tahun 2017 lolos ke tingkat Nasional : atas Nama IKRADUYA EDYAN di Jakarta 

Tahun 2018-2019...???? tidak ada yang berhasil ke tingkat Nasional

Tahun 2020... tertunda karena Wabah COVID-19, tapi sudah terlaksana seleksi ke tingkat provinsi secara daring. Semoga ada yang lolos ke Tingkat Nasional.


2. Divisi Desain Komunikasi Visual. 

Rekayasa foto dan pembuatan media belajar atau lainnya dengan menggunakan berbagai aplikasi, mulai MS Power Point, Flash, Photoshop dll adalah makanan setiap minggu bagi para peserta divisi ini. Prestasinya :

Tahun 2016 berhasil lolos ke tingkat nasional dan Juara I Lomba Poster di Manado


3. Divisi Microcontroller,

Pembuatan Jaringan atau lainnya menggunakan perangkat komputer/Laptop atau Gadget lainnya


4. Divisi Robotic.

Divisi ini berfokus bagi siswa yang berminat mengembangkan kemampuan dalam menciptakan robot atau mesin sederhana yang dapat membantu manusia atau kaum difabel. Robotic membutuhkan instruktur yang betul betul paham masalah rangkaian listrik atau sensor. Prestasi yang diraih : 

Tahun 2009 pernah menjadi juara 2 tingkat Kotaatas nama Medi Saputra

Demikian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar