Selasa, 08 Februari 2011

IT MEMBANTU KOMUNIKASI

Tujuan komunikasi adalah tercapainya suatu pemahaman bersama (mutual understanding) antara dua atau lebih partisipan komunikasi terhadap suatu pesan (dalam hal ini adalah ide baru) melalui saluran komunikasi tertentu. Dalam komunikasi inovasi, proses komunikasi antara (misalnya penyuluh dan petani) tidak hanya berhenti jika penyuluh telah menyampaikan inovasi atau jika sasaran telah menerima pesan tentang inovasi yang disampaikan penyuluh. Namun seringkali (seharusnya) komunikasi baru berhenti jika sasaran (petani) telah memberikan tanggapan seperti yang dikehendaki penyuluh yaitu berupa menerima atau menolak inovasi tersebut.
Dalam proses difusi inovasi, komunikasi memiliki peranan penting menuju perubahan sosial sesuai dengan yang dikehendaki. Rogers dan Floyed Shoemaker (1987) menegaskan bahwa “difusi merupakan tipe komunikasi khusus, yaitu mengkomunikasikan inovasi. Ini berarti kajian difusi merupakan bagian kajian komunikasi yang berkaitan dengan gagasan-gagasan baru, sedangkan pengkajian komunikasi meliputi semua bentuk pesan”. Jadi jika yang dikomunikasikan bukan produk inovasi, maka kurang lazim disebut sebagai difusi.
Teori difusi inovasi sangat penting dihubungkan dengan penelitian efek komunikasi. Dalam hal ini penekannya adalah efek komunikasi yaitu kemampuan pesan media dan opinion leader untuk menciptakan pengetahuan, ide dan penemuan baru dan membujuk sasaran untuk mengadopsi inovasi tersebut

4 komentar:

  1. kemukakan dalam blog ini pengalaman dalam pemanfaatan IT untuk berkomunikasi terutama yang berkaitan dengan kompetensi profesional.

    BalasHapus
  2. Ruth Valeria
    Wahh keren banget materinya pak, saya jadi dapat tambahan ilmu mengenai komunikasi

    BalasHapus
  3. Hanif Hanindhiyo
    XI MIPA 2

    Terima kasih Ingfo nya pak
    Sangat informatif

    BE YOURSELF AND NEVER SURRENDER
    SALAM PRAMUKA
    361309210 (9688)

    BalasHapus
  4. terimakasih atas materinya pak, setelah membaca ini saya jadi jauh lebih paham

    BalasHapus