Oleh
Noormasri Karyawan, S.Pt.,M.Pd.
Tema
: Teknik Promosi Buku
Narasumber
: Akbar Zainuddin. MM., MNE.
Moderator
:Sim Chung Wei, SP.
Hari/Tanggal
: Senin, 13 Maret 2023
Assalamu’alaikum
warahmatullahi wabarakatuh
Pada
pertemuan ke 28 ini, pasti pertemuan
yang sangat menarik, karena akan dibahas tentang bagaimana menjual buku hasil
tulisan kita kepada khalayak atau konsumen. ingin buku karya kita laris manis?
Ternyata ada triknya membuat buku kita dikenal khalayak, diminati dan tentu
saja dimiliki banyak orang. Hemmm... Tapi apakah sama teknik pemasaran buku
dengan lainnya? Pasti ada bedanya. Ada triknya, ada teknik pemasarannya. Yang
ingin pemasaran bukunya meledak, boooommm💥💥💥WAJIB
IKUT KELAS MALAM INI!!!!
Pembukaan
diawali oleh Om Jay Founder KBMN 28 dan Peserta Calon Guru Penggerak Angkatan 7
Selain
mengelola blog pribadi, Omjay juga mengelola blog keroyokan untuk memasarkan
buku di http://www.gurupenggerakindonesia.com/
Selanjutnya moderator memulai kegiatan. Berikut adalah resumenya :
Strategi Promosi Buku
Dalam
promosi buku setidaknya ada empat strategi yang harusnya diketahui oleh penulis
dalam memasarkan bukunya.
1. Strategi produk
Mengenai
strategi produk penerbitlah yang lebih banyak memiliki tanggung jawab. Nah,
sebagai penulis hanya memberi masukan ke mana produk (buku kita) akan dijual.
Apa manfaat produk kita untuk orang lain, dan kepada siapa harusnya dijual
.
2. Srategi harga
Terkait
harga buku pun masih tanggung jawab penerbit. Adapun dasar penentuan harga buku
ada dua yakni, harga buku secara umum dan harga premium. Dikatakan premium jika
buku tersebut lebih terlihat mewah dari segi cover, ditambah bonus-bonus
(voucher seminar, workshop, dan lain-lain).
3. Strategi distribusi
Strategi
ini pun dibagi kedalam dua bentuk. Ada strategi tradisional dan nontradisional.
Dikatakan tradisional jika, dijual melalui toko-toko buku, baik toko-toko buku
jaringan nasional maupun toko buku lokal dan nontradisional jika buku-buku
tersebut dijual melalui:
Melalui MLM (Multilevel Marketing)
Melalui
Penjualan Langsung Melalui Marketplace/e-Commerce (Lazada, Bukalapak,
Tokopedia, Shopee, dll).
4. Strategi promosi
Terakhir adalah strategi promosi. Untuk mempromosikan buku merupakan tanggung jawab bersama baik penulis mau pun penerbit. Adapun yang dapat dilakukan untuk mempromosikan buku ada beberapa cara antara lain adalah.
Lounching
buku
Bedah
buku
Melakukan
seminar
Membangun
komunitas
Membangun
jaringan reseller
Jualan
di marketplace
Memanfaatkan
media sosial (Medsos) untuk promosi buku
Itulah empat staregi promosi buku yang bisa dipraktekkan. Semua bisa dilakukan jika memiliki kemaun. Rajin menulis, membaca, sekarang saatnya menerbitkan buku. Yakinlah buku yang akan diterbitkan bermanfaat untuk orang lain.
Yakinlah apa yang kamu tulis itu lebih mahal dari nilai rupiah yang mereka keluarkan untuk memiliki bukumu
Bagus sekali, pak.
BalasHapusIklankan bukunya, pak. Sesuai anjuran narsum. Semoga sukses
BalasHapusKalau bukunya terbit, sya akan beli, pak.
BalasHapusSemangat.
Tunggu tanggal minnya. Ya, Terima kasih
HapusTeruskan semangatnya pak.
BalasHapusGerak cepat bapak.
BalasHapusSuper sekali, bapak.
BalasHapus